Sunday, August 16, 2020

 "Jadi, Mbak membayangkan diri Mbak, 3 sampai 5 tahun lagi bekerja di tempat seperti apa? Atau tepatnya, di company apa?"

Pertanyaan headhunter itu nampaknya biasa saja. Tapi untuk seorang Mama, yang hidupnya 3 tahun terakhir hanya berpusat di hamil - melahirkan - menyusui - ngurusin anak - suami - dan sisanya kerja kantoran buat me-time, pertanyaan seperti itu cukup membuat terdiam. Butuh waktu berhari-hari untuk menemukan jawabannya.

Mama Mochi sempat bertanya di grup Emak-Emak dan jawabannya ternyata tidak jauh beda: "Sama. Mimpi ga kecapai mulu. Terlalu sibuk mikirin yang lain, sampai akhirnya lupa sama mimpi sendiri."

Mama pernah lihat sebuah ilustrasi tentang ibu yang seorang juara gymnastic di masa single-nya. Ketika menikah dan mempunyai anak, mimpi menjadi juara olimpiade dilupakannya. Dirinya terlalu sibuk mengurusi anak-anak dan suaminya, menata mimpi mereka, sampai tidak punya waktu bermimpi untuk dirinya sendiri. Tanpa terasa, waktu berlalu. Dirinya pun semakin tua, anak-anak besar dan meninggalkannya. Ketika tua, barulah Ia punya waktu untuk dirinya sendiri.

I can relate with that too... 



Entah kapan terakhir kali bermimpi untuk diri sendiri. Sampai lupa, sebenarnya dulu apa yang ingin dicapai di hidup ini? Ingat ya, menikah dan punya anak itu bukan pencapaian, lho! Itu adalah sebuah keputusan untuk masa depan.

Kebetulan, Mama ketemu vlog-nya Panji Pragiwaksono yang lagi collab sama Melaney Ricardo. Isi videonya sederhana. Panji bertanya soal isu 'artis TV masuk Youtube' dan Melaney (yang seorang artis TV) kini juga aktif sebagai Youtuber. Melaney menceritakan alasannya masuk Youtube karena Youtube adalah tempat dimana dia bisa punya program dengan namanya sendiri. Itu mimpi Melaney. Saat itu, artis lain sudah banyak yang punya program, tapi Melaney belum, sampai dia pun sempat putus asa. Tapi Melaney berdoa kepada Tuhan, dan dia percaya Tuhan bilang, "Mulailah dengan apa yang kau punya di tanganmu." Dan saat itu, Melaney cuma punya kamera dan sebuah gorilla. Mulailah dia mengembangkan Youtube-nya. Tentu saja dengan talenta yang dimiliki, channel-nya menjadi populer, hingga dia kini punya program sendiri di salah satu TV swasta.

Sederhana. Tapi powerful

Kadang, kita sibuk mencari apa yang harus kita perbuat, apa tujuan hidup kita, mencari tahu apa yang Tuhan mau, tapi kita lupa bertanya langsung ke Tuhan, apa yang Kau mau?

Tuhan bilang : "Apa yang kau punya di tanganmu?"

Kau punya tangan yang bisa melakukan hal besar. Gunakan itu.

Kau punya keluarga yang indah. Syukuri itu.

Kau punya AKU yang dapat melakukan apapun di luar kehendakmu, yang bisa melakukan jauh lebih besar daripada pikiranmu.

Malam itu, Mama Mochi memutuskan untuk kembali menulis.

Bukan karena peluang mendapat adsense atau menjadi terkenal, tapi karena itu talenta dan mimpi yang sejak dulu sudah Tuhan tanamkan untuk Mama. Jauh sebelum Mama menikah dan punya anak...

Mama belum bisa jawab pertanyaan dari headhunter di atas. Tetapi satu hal yang Mama tahu : sekali lagi, Tuhan minta Mama kembali menulis :)

Thank you :) I want to hear more from you. Follow me @yurikasuhalim, and we can discuss about it.

Mama Mochi . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates