SATU HARI UNTUK MAMA


 Menyambung cerita Mama sebelumnya soal lari dari rumah, Mama juga mau cerita apa yang Mama lakukan selama berada di luar rumah. Me time, yes! Waktu yang jarang didapat Mama tentu harus dibuat sangat berkualitas. Harus produktif! Harus bikin Mama bahagia dan kembali dengan pikiran yang lebih positif. Satu hari Mama adalah penyegaran, kesempatan untuk intropeksi diri, santai, dan mendengar maunya hati. 

Beberapa hari sebelumnya, Mama bilang sama Papa Mochi kalau pengen banget di hotel sendirian, nikmatin berendam di bathtub... sehari saja. Kebetulan juga ada kesempatan. Gak disangka, Papa Mochi langsung kasih izin. Mungkin juga karena Mama Mochi sempat 'meledak'  dan kepikiran seandainya bisa hidup sendiri... Jadi, Papa Mochi kasih waktu Mama untuk intropeksi. Kasih space untuk diri sendiri.

2-3 hari sebelum 'pergi dari rumah', Mama udah bikin banyak rencana. Tentu saja dihitung waktunya biar efektif dan efisien : check-in jam berapa, nanti disana makan apa, mau ngapain saja, harus bawa apa saja - semua dicatat dalam pikiran.

1. Pemilihan Hotel

Karena Mama craving banget buat nyantai di bathtub, Mama cari hotel yang menyediakannya. Lokasinya tentu tidak boleh jauh dari rumah supaya kalau ada apa-apa sama anak-anak, Mama bisa cepat pulang. Pastikan hotel yang kalian pilih sesuai dengan apa yang ingin kalian nikmatin. Di hari-H, jangan lupa untuk membawa semua peralatan kebersihan, mulai dari disinfektan sampai sabun cuci piring. Begitu masuk kamar hotel, Mama langsung semprot-semprot, terus cuci peralatan hotel yang mau dipakai (misalnya gelas minum, bathtub, dll). Lebay? Gak apa-apa, yang penting hati tenang.

2. Makan Apapun Yang Membuatmu Bahagia

Makan enak adalah salah satu sumber kebahagiaan Mama. Kadang ada beberapa makanan yang gak bisa Mama nikmatin di rumah. Sederhananya karena merasa sayang. Sayang ah, mending masak sendiri. Atau simply karena memang di rumah banyak makanan. Emang susah jadi seorang Mama. Coba deh tanya sama Mama kalian di rumah. Daripada beli makanan di luar (meski enak), Mama kamu pasti bela-belain buat masak aja di rumah (dan dia tetap bahagia). Alasannya, demi bisa berhemat. Kepikiran biaya sekolah anak dan pensiun, sis. Itulah problematika ibu-ibu kelas menengah kayak Mama. Ketemu deterjen 2.7kg di supermarket yang harganya 38ribu padahal biasanya 50ribu aja bahagia. Lumayan, beb. Cuan 12ribu bisa dimasukkin ke portofolio reksadana buat biaya sekolah anak.

Jadi, di hari Mama ini, Mama pesan apapun yang Mama pengen makan (Thanks to GrabFood dengan segala diskonnya yang memudahkan Mama!).

Lunch : KFC

Lah, KFC kan gampang dipesan juga buat makan di rumah? Iya, emang gampang. Tapi suka sayang. Ayam goreng bumbu doang mah bisa digoreng sendiri pakai tepung Sasa. Aduh, KFC di hari itu enak banget. Mama beli Super Besar 2 : Ayam Paha Atas - Paha Bawah - Crispy - Minum Cola. Mantap! Lagi diskon lagi. Cuma jadi 38ribu aja satu paket. Tambah bahagia, kan!

Snack : PopMie Soto Nasi

Gile, snack Mama kok PopMie? Sekali-sekali gak apa-apa donk. Kan harinya Mama. Jadi bebas. Gak usah mikirin kalori. Pengen coba ini dari awal launching di E-commerce. Tapi belum sempat beli dan nyobain. Ya udah sekalian aja dimakan hari ini. Rasanya? Kok biasa aja ya... Tetap favorit Mama PopMie Ayam dan PopMie Bakso.


Dinner : McDonald's

McD banget? Iya. Gampang dan emang kepengen nyobain yang Prosperity Burger. Ternyata enak donk! Dan bahagia! Mama recommend banget buat beli yang Golden Cheese Mayo. Sausnya enak banget dan bikin nagih! Oh, tentu. Beli satu paket Prosperity Burger, tambah french fries, dan a la carte Golden Cheese Mayo Burger.

Breakfast : Belum Tahu

Mungkin akan nge-GrabFood Bakmi atau mungkin order makanan hotel. Yang penting enak!


3. Lakukan Kegiatan Yang Mungkin Jarang atau Tidak Bisa Kamu Lakukan Di Rumah

Must to do Mama : berendam! Nikmat banget. Berendam di air hangat. Lalu maskeran. Love your body - yang mungkin kalau di rumah harus selesai dengan terburu-buru. Selain itu, Mama juga menghabiskan waktu Mama untuk menulis. Setidaknya ada 2-3 tulisan baru yang tersimpan di blog Mama. Menyenangkan banget bisa menulis dan terus menulis. Seperti bisa mendengar diri sendiri.

Karena dekat dengan waktu deadline, Mama juga sempat bekerja. Ternyata gak semumet bekerja di rumah. Pikiran jadi lebih fresh. Kerjaan juga jadi lebih cepat selesai. Mama pikir, mungkin Mama hanya perlu pemandangan baru, meja baru, atau suasana baru supaya rutinitas kerja di rumah tidak membosankan lagi.

Terakhir, minum bir! Sebuah aktivitas yang tidak mungkin bisa Mama lakukan di rumah. Soalnya Mama masih harus bikin susu subuh-subuh. Gak boleh tepar, mesti bangunin Koko Mochi buat ke toilet di tengah malam. Gak boleh bangun dengan kepala pusing atau mood bakal hancur seharian.

But, here I am! Enjoying my day and take a sip of beer :)

Gak takut bangun kesiangan karena memang pengen tidur tanpa gangguan.

4. Find Your Inner Peace

Dalam suatu wawancara di TV, Mama pernah lihat Marshanda bilang kalau terkadang dia butuh Me Time (dia sebut sebagai down time, kalau Mama gak salah dengar). Di waktu itu, Marshanda hanya ingin duduk diam, mendengarkan musik, dan tidak melakukan apa-apa. Memberi ruang untuk mendengarkan dirinya sendiri. Alasannya, karena dia capek. Entah karena pekerjaan, karena relationship atau masalah lainnya. Dari situ Mama sadar kalau sebagai seorang ibu, kita pun harus mencintai diri kita sendiri terlebih dahulu. Dengan adanya cinta di hati kita, barulah kita bisa mencintai suami dan anak-anak kita. Dengan hati bahagia, bukan karena benci dan terpaksa.

Toast! Enjoy your day, Mommies! <3

Comments

Popular Posts